Direktori Pekara Putus

Berita PT

PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PENERIMAAN CALON HAKIM DI LINGKUNGAN MAHKAMAH AGUNG RI TA 2017

07-09-2017 | Dimuat oleh Administrator

Jakarta-Humas: Panitia Seleksi Penerimaan Calon Hakim di Lingkungan Mahkamah Agung RI Tahun Anggaran 2017 telah menyelesaikan verifikasi berkas kelengkapan administrasi pelamar. Namun demikian oleh karena adanya gangguan teknis sehingga pengumuman yang seharusnya sudah dapat ditayangkan tanggal 5 September 2017 baru dapat ditayangkan pada tanggal 6 September 2017.
Bagi para pelamar dipersilakan membuka website Panitia Seleksi Nasional (htpps:sscn.bkn.go.id) untuk dapat mengetahui hasil kelulusan seleksi administrasi dan sekaligus melakukan pencetakan kartu tanda peserta ujian.
Pemberitahuan terkait jadwal pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar akan diumumkan segera dengan tetap mengacu pada jadwal yang telah diumumkan sesuai pengumuman Nomor: 01/Pansel/MA/07/2017 tanggal 01 Juli 2017.
Pengumuman selengkapnya unduh < disini >

Pelaksanaan Penyempurnaan RKA-KL Tahun Anggaran 2018

07-09-2017 | Dimuat oleh Administrator

 
 
BANDUNG-ADMIN; Kegiatan Pelaksanaan  Penyempurnaan RKA-KL Pagu Anggaran Tahun 2018 dilingkungan Peradilan Umum dan Peradilan Agama se wilayah Jawa Barat yang bertempat di Hotel Horison Bandung, yang bertujuan  untuk  melaksanakan rencana strategis atau renstra dan memwujudkan peradilan yang Agung.
 
Dalam pelaksanaan kegiatan ini Ketua Pengadilan Tinggi Bandung Bapak H. ARWAN BYRIN, S.H., M.H. menyampaikan banyak prestasi yang diraih selama renstra 2015-2019 diantaranya percepatan menyusun perkara mahkamah agung melalui sistem kamar dan manajemen perkara melalui IT sesuai sema no 2 tahun 2014 
 
Tujuan diadakan sosialisasi ini adalah agar para petugas perencanaan seluruh Kementerian Negara/Lembaga dapat memahami dengan baik dan benar petunjuk teknis penyusunan RKA-KL tahun 2013 sehingga dapat menyusun dan melaksanakan APBN dengan berkualitas, transparan dan dapat dipertanggungjawabkan.
 

Ketua MA: "Fungsi Pengadilan Tidak Akan Optimal Tanpa Peran Media"

24-08-2017 | Dimuat oleh Administrator

 
Humas-Bandung: Demi memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, Mahkamah Agung sudah melakukan banyak sekali pembaruan. Pembaruan tersebut khususnya dimulai sejak adanya Buku Cetak Biru tahun 2003-2008 yang kemudian dilanjutkan Buku Cetak Biru 2010-2035. Pembaruan-pembaruan yang sangat penting bagi masyarakat tersebut antara lain adalah mudahnya mengakses informasi perkara dan mudahnya melakukan pengaduan melalui online.  
 
Terkait pembaruan-pembaruan yang telah dilakukan, Mahkamah Agung merasa penting untuk membangun dialog dengan masyarakat dan dengan media pada khususnya, masyarakat harus tahu apa yang telah dilakukan oleh MA, selain itu pemahaman yang tepat dapat membantu masyarakat  dalam memahami proses penegakan hukum dan membantu pengadilan dalam menjalankan tugas serta mewujudkan visi dan misinya. Disinilah MA berharap media dapat menyebarkan pembaruan-pembaruan tersebut kepada masyarakat, karena fungsi pengadilan tidak akan optimal tanpa peran media.
 
Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Mahkamah Agung, Prof. Dr. M. Hatta Ali., SH., MH yang diwakili oleh Ketua Kamar Pembinaan Mahkamah Agung,  Prof. Dr. Takdir Rahmadi, SH., LLM., dalam pembukaan acara Lokakarya Bersama Media antara Mahkamah Agung dengan EU-UNDP Sustain di Hotel El Royale, Bandung, 23 Agustus 2017.  Acara ini diikuti oleh wartawan-wartawan media cetak dan elektronik dari Jakarta dan Jawa Barat, Tim Biro Hukum dan Humas Mahkamah Agung, dan Tim Humas Pengadilan Negeri Bandung.
 
Terkait kerjasama dengan pemerintah Uni Eropa, Prof. Takdir menyampaikan bahwa kerja sama yang telah terjalin antara Mahkamah Agung RI dengan pemerintah Uni Eropa dalam hal ini EU-UNDP Sustain sejak 2015 bisa berjalan lebih baik lagi dan menghasilkan inovasi-inovasi yang makin bermanfaat untuk masyarakat.
 
Inovasi-inovasi yang telah dilakukan oleh MA kerja sama dengan EU-UNDP Sustain sudah banyak, dua diantaranya yang sangat signifikan adalah pertama, SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara). Ini adalah aplikasi yang diciptakan untuk memudahkan siapapun di manapun untuk mengetahui informasi perkara, baik terkait siapa hakimnya, amar putusannya atau progress perkara terkini, sudah putus atau belum. Kemudian yang kedua adalah Siwas (sistem pengawasan). Aplikasi yang diluncurkan pada tahun 2016 ini adalah aplikasi yang diciptakan untuk memudahkan masyarakat dalam mengadukan pelayanan di MA dan pengadilan di bawahnya. Baik mengenai kinerja hakim, panitera, serta seluruh aparatur negara terkait putusan yang ada di MA dan pengadilan di bawahnya. Aplikasi SIWAS sudah diperbarui dengan Siwas Versi 2.0, di mana dalam salah dua unggulannya adalah identitas pelapor akan terjaga dan aplikasi ini sudah terintegrasi dengan SIKEP, sehingga memudahkan bagi para pimpinan untuk melakukan promosi dan mutasi hakim.
 
Presiden EU-UNDP melalui perwakilannya, Nisa Istiani menyampaikan bahwa acara lokakarya ini terinspirasi oleh sambutan yang disampaikan oleh Ketua Mahkamah Agung dalam acara Laporan Tahunan Mahkamah Agung tahun 2016 yang menyatakan bahwa pembaruan peradilan tidak hanya harus dilakukan tetapi harus terlihat dilakukan. Untuk itulah hubungan MA dengan Media harus dijembatani agar citra positif MA semakin tersebar dan pembaruan-pembaruan yang telah dilakukan MA bisa diketahui dan dimanfaatkan oleh masyarakat.
 
Acara lokakarya yang akan berlangsung hingga Jum’at tanggal 25 Agustus 2017 ini akan diisi dengan beragam sesi diskusi dan kunjungan ke Pengadilan Negeri Bandung untuk mengajak para wartawan melihat ruang sidang, sistem informasi pengadilan, ruang pengadilan anak-anak secara langsung. (Azh/IP(photo)/RS)

TAHAP TES KOMPETENSI DASAR (TKD) MENGGUNAKAN SISTEM CAT BADAN KEPEGAWAIAN NEGARA

23-08-2017 | Dimuat oleh Administrator

Humas – Jakarta:  Mahkamah Agung telah mengumumkan penerimaan Calon Hakim (CAKIM) pada lingkungan Peradilan Umum, Peradilan Agama, dan Peradilan TUN dengan jumlah total 1.684 orang CAKIM. Pendaftaran telah dimulai sejak tanggal 1 Agustus 2017, hingga nanti ditutup pada tanggal 26 Agustus 2017.
 
Dalam tahap Tes Kompetensi Dasar peran Mahkamah Agung adalah 0%. Sejak pendaftaran secara online, soal-soal ujian dan computer yang digunakan ujian peserta, serta tempat penyelenggaraan ujian menjadi kewenangan BKN. Demikian pula mengenai keputusan hasil ujian dan pengumuman kelulusan  semuanya yang menentukan BKN. Dalam Tes Kompetensi Dasar ini, Mahkamah Agung tidak dapat mencampuri, dan mempengaruhi proses dan hasil ujian. Sedangkan  Mahkamah Agung hanya menyampaikan pengumuman melalui website Mahkamah Agung saja.
 
Pendaftaran Calon Hakim  dilakukan secara online melalui situs https://sscn.bkn.go.id, selanjutnya pada tanggal 05 September 2017 akan diumumkan peserta yang lolos Seleksi Berkas Administrasi, disertai dengan jadwal Pelaksanaan Tes Kompetensi Dasar (TKD) dengan menggunakan sistem CAT (COMPUTER ASSISTED TEST). Penggunaan sistem CAT mampu menjawab kekhawatiran sejumlah pihak yang tidak mempercayai proses seleksi yang dilakukan oleh Mahkamah Agung.
 
 Para peserta diharapkan mempersiapkan mentalnya, belajar dan mempersiapkan diri dengan berlatih dengan baik. Jangan mudah tergiur dengan pihak- pihak yang menjanjikan kelulusan atau dapat membantu untuk dapat diterima sebagai CALON HAKIM, oleh karena hasil proses ini dilakukan oleh mesin yang tidak dapat dimanipulasi” demikian dikutip dari KEPALA BIRO HUKUM DAN HUMAS Mahkamah Agung Republik Indonesia, Dr. Abdullah SH., MS., yang disampaikan di ruang kerjanya. Selain itu, Dr. Abdullah, SH., MS., memberikan saran kepada para calon peserta yang akan mengikuti ujian seleksi CAKIM  untuk  melakukan simulasi ujian CAT sebelum hari pelaksanaanya nanti. Diharapkan dengan sering melakukan simulasi ujian ini, para peserta tidak canggung ataupun gugup pada saat mengikuti ujian resmi. (HUMAS)

BERKAS KELENGKAPAN ADMINISTRASI PELAMAR CALON HAKIM DILINGKUNGAN MAHKAMAH AGUNG HARUS SEGERA DIKIRIMKAN

23-08-2017 | Dimuat oleh Administrator

 
Jakarta – Humas : Disampaikan surat Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor 02/Pansel/MA/08/2017 mengenai kelengkapan berkas administrasi Calon Hakim dilingkungan Mahkamah Agung Tahun 2017.
 
Lampiran surat Sekretaris Mahkamah Agung unduh < disini >

Fokus PT Bandung

  • Fokus
    images/header.jpg
    Penerimaan Calon Hakim di Lingkungan Mahkamah Agung RI Tahun Anggaran 2017
    Jakarta - Humas Bersama ini disampaikan Pengumuman Seleksi Penerimaan Calon Hakim di Lingkungan Mahkamah Agung RI... Selengkapnya
  • Fokus
    images/header.jpg
    PEMBANGUNAN MASJID AL-MIZAN PENGADILAN TINGGI JAWA BARAT
    ASSALAAMUÁLAIKUM WR, WB. PUJI DAN SYUKUR KITA CURAHKAN KEPADA ALLAH RABBUL 'IZZATI YANG TELAH MEMBERIKAN... Selengkapnya