Direktori Pekara Putus

Berita PT

Seleksi Tahap II Calon Hakim Agung Dimulai Hari Ini

03-05-2010 | Dimuat oleh admin


"Besok (SENIN) sudah mulai seleksi untuk tahap kedua," kata Wakil Ketua KY, Thahir Saimima, saat dihubungi via telepon, Minggu (2/5).

Seleksi  ditujukan bagi 26 calon yang sudah lulus tahap pertama, yakni seleksi administrasi atau syarat umum calon. Adapun jadwal seleksi yang diumumkan KY adalah. Senin (3/5), tes tertulis pembuatan karya ilmiah berupa pemecahan masalah hukum. Para calon akan diberikan masing-masing kasus untuk dipecahkan.

Kemudian, pada Selasa (4/5) akan diadakan lagi tes tertulis berupa profile assesment. Jika calonnya adalah hakim, maka harus membuat catatan dan penjabaran tentang  putusan yang pernah dijatuhkan. Bila pengacara harus menjelaskan mengenai pembelaan yang pernah dibuat, lalu akademisi harus memberikan pendapat hukumnya.

Lalu, pada Rabu (5/5), calon akan diperiksa keadaan jiwanya melalui psikotest. Kamis (6/5) dan Jumat (7/5), calon mulai menjalankan wawancara terkait hasil karya ilmiah yang dibuat sebelumnya, kemudian test kesehatan di rumah sakit rujukan KY.

"Lima poin itu bagian dari seleksi tahap kedua, kalau sudah selesai nanti kita rapat, untuk menentukan siapa yang lulus ke tahap ketiga," ujarnya.

Di tahap ketiga nanti, setiap calon akan di wawancarai oleh seluruh anggota KY untuk mengklarifikasi hasil investigasi yang juga akan dilakukan KY. "Kami akan mengklarifikasi hasil investigasi laporan masyarakat tentang kekayaan, track record dan hal-hal lain," jelasnya.

Undangan Rapat Koordinasi dan Konsultasi Penegak Hukum Tahun 2010

30-04-2010 | Dimuat oleh admin

JAKARTA - MA; Menindaklanjuti surat Menteri Hukum dan HAM RI Nomor : M.HH.UM.01.01-28 tertanggal 26 April 2010, Sekretaris Mahkamah Agung RI Drs. H.M. Rum Nessa, SH., MH. menyampaikan Surat Undangan Rapat Koordinasi dan Konsultasi Penegak Hukum Tahun 2010 No. 220/SEK/02/IV/2010 Tanggal 30 April 2010 dan Surat Undangan tentang Rapat Pembinaan No. 221/SEK/02/IV/2010 tanggal 30 April 2010 yang ditujukan kepada Para Ketua Pengadilan Tinggi di Seluruh Indonesia untuk mengikuti rangkaian acara rapat Koordinasi dan Konsultasi Penegak Hukum Tahun 2010.

Batas Waktu Penerimaan Usul Kenaikan Pangkat PNS

30-04-2010 | Dimuat oleh admin

JAKARTA - MA; Berikut kami sampaikan Surat dari Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor : 071/Bua.2/Kp.04.1/IV/2010, perihal Batas Waktu Penerimaan Usul Kenaikan Pangkat Pegawai Negeri Sipil.

Pendidikan dan Pelatihan Calon Hakim Tahun 2010

28-04-2010 | Dimuat oleh admin

Surat dan daftar nama peserta selengkapnya unduh < di sini >

Mahkamah Agung Gelar Sidang Majelis Kehormatan Hakim

27-04-2010 | Dimuat oleh admin

JAKARTA – MA; Demi terciptanya peradilan yang Agung, Senin 26 April 2010 pukul 10.00 WIB, Mahkamah Agung gelar Sidang Majelis Kehormatan Hakim (MKH) dengan Hakim terlapor Drs. M. Nasir Q, SH., MH, NIP. 150 231 998, pangkat/Gol: Pembina Tk.1 (IV/b) dengan Jabatan Hakim Pengadilan Agama Pare-Pare, Sulawesi Selatan. Atas pengaduan dari sdr. H. Ismail Abu, S.S dan Sdr. Ariansyah, yang terdaftar pada badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, dengan nomor agenda: 54/BP/A/I/2010, dengan rekomendasi diberhentikan tidak dengan hormat dari jabatan hakim.


Sidang yang bertempat di ruang. MR. DR. Wirjono Prodjodikoro MA RI ini sesuai dengan pasal 19 ayat (6) Undang-Undang Nomor 50 tahun 2009 tentang Perubahan kedua atas Undang-Undang nomor 7 tahun 1989 tentang Peradilan Agama jo Pasal 23 ayat (4) Undang-Undang Nomor 22 tahun 2004 tentang Komisi Yudisial, menentukan bahwa sebelum Mahkamah Agung dan / atau Komisi Yudisial mengajukan usul pemberhentian, Hakim pengadilan mempunyai hak untuk membela diri di hadapan Majelis Kehormatan Hakim. Adapun susunan Majelis Kehormatan Hakim Terdiri dari :

1. H. M. Imron Anwari, SH, SpN., MH. Hakim Agung / Ketua Muda Militer Pada Mahkamah Agung sebagai Ketua Majelis Kehormatan Hakim.
2. Drs. Habiburrahman., M.Hum. Hakim Agung Mahkamah Agung RI sebagai Anggota Mejelis Kehormatan Hakim .
3. H. Djafni Djamal, SH. Hakim Agung Mahkamah Agung RI sebagai Anggota Mejelis Kehormatan Hakim
4. H. Zainal Arifin, SH. Anggota Komisi Yudisial RI sebagai Anggota Mejelis Kehormatan Hakim
5. Prof. Dr. Mustafa Abdullah, SH. Anggota komisi Yudisial RI sebagai Anggota Mejelis Kehormatan Hakim
6. Prof Dr. Chatamarrasjid AIS, SH.,MH. Anggota Komisi Yudisial RI sebagai Anggota Mejelis Kehormatan Hakim
7. Soekotjo Soeparto, SH., LLM Anggota Komisi Yudisial RI sebagai Anggota Majelis Kehormatan Hakim

Dibantu oleh: H. Sunarto, SH., M.Hum. Inspektur Wilayah III Badan pengawasan Mahkamah Agung RI sebagai Sekretaris Majelis Kehormatan Hakim

Hakim Nasir dilaporkan dengan dakwaan menerima uang para mahasiswa pasca sarja UMI, Pare - pare dengan total 61 juta rupiah. Atas tindakan tercelanya ini, majelis hakim menjatuhkan vonis pemberhentian dengan tidak hormat sebagai hakim.

Fokus PT Bandung

  • Fokus
    images/header.jpg
    PENGUMUMAN SELEKSI SEDERHANA PRAKUALIFIKASI
    Satuan Kerja Pengadilan Tinggi Bandung akan melaksanakan Seleksi Sederhana Prakualifikasi untuk paket pekerjaan jasa konsultansi secara elektronik sebagai berikut :   Pengumuman dapat diunduh disini Selengkapnya
  • Fokus
    images/header.jpg
    PEMANGGILAN PESERTA DIKLAT PRAJABATAN GOL. I DAN II TAHUN 2014
    Menindaklanjuti surat Kepala Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung RI tanggal 30 Januari 2014 nomor 71/Bld/S/I/2014 perihal sebagaimana tersebut diatas, diminta kepada Ketua Pengadilan Negeri untuk menugaskan calon peserta sebagaimana surat terlampir.   Surat dapat diunduh disini. Selengkapnya
  • Fokus
    images/header.jpg
    Undangan Rakor Ketua Pengadilan Negeri Se-Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Jawa Barat.
        Diberitahukan kepada para Ketua Pengadilan Negeri di Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Jawa Barat agar dapat hadir dalam acara RAKER Penyusunan Perencanaan/Pelaksanaan Anggaran berdasarkan skala prioritas untuk T.A. 2014-2015. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat disini. Selengkapnya
  • Fokus
    images/header.jpg
    USULAN KEGIATAN TAHUN 2015-2019 DAN RENSTRA PENGADILAN
    Diberitahukan kepada para Ketua Pengadilan Negeri di Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Bandung agar segera menyiapkan usulan kegiatan Tahun 2015-2019 dan Renstra Pengadilan Negeri di Website masing-masing. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat disini.       Selengkapnya