Direktori Pekara Putus

Berita PT

Laporan Pertanggungjawaban Tunjangan Kinerja

17-05-2010 | Dimuat oleh admin

BANDUNG - ADMIN; Disampaikan dengan hormat bahwa terhitung Tahun Anggaran 2010, laporan pertanggungjawaban tunjangan kinerja harus dilengkapi dengan Tanda terima, rekapitulasi absensi, rekapitulasi potongan dan rekening koran. Untuk pertanggungjawaban bulan Januari dan Pebruari 2010 agar segera mengirimkan rekening koran melalui fax Pengadilan Tinggi Bandung (022) 2500026 atau (022) 2531267 untuk melengkapi pertanggungjawaban yang telah dikirim ke Biro Keuangan MARI.

Hakim Agung Pertanyakan Rencana Pemeriksaan KY

17-05-2010 | Dimuat oleh admin


"Yang saya dengar, sekarang ini para hakim agung yang dipanggil itu sudah membalas surat ke KY dengan meminta yang dilaporkan itu tentang apa. Dasar laporan itulah nanti para hakim agung akan menyusun jawaban. Hakim itu telah meminta klarifikasi dari KY yang dilaporkan itu masalah apa," kata juru bicara MA, Hatta Ali, di Jakarta, akhir pekan lalu.

Hatta mengingatkan KY jika pengadukan yang diterima KY bersifat teknis yuridis maka menjadi kewenangan hakim dalam memutus perkara. Karena itu, hakim tidak bisa diperkarakan. "Sebab hal yang biasa (dalam setiap putusan pengadilan) setiap orang yang kalah itu pasti kan tidak puas, lalu melapor kemana-mana. Secara konstitusi, masalah teknis itu tidak bisa (dipersoalkan)," kata Hatta.

Namun, Hatta mengatakan, jika laporan masyarakat terkait dengan pelanggaran kode etik hakim, maka MA mempersilakan KY untuk melakukan pemeriksaan. Ya silahkan KY kan punya kewenangan selaku pengawas eksternal. Tetapi, kalau menyangkut teknis, itu urusan independesi hakim," ujarnya.

KY beberapa waktu lalu memanggil dua hakim agung yakni Djoko Sarwoko dan Paulus Effendi Lotulung terkait putusannya dalam perkara PT Sugar Group Company. Dalam perkara itu, tidak tertutup kemungkinan bagi KY untuk memeriksa anggota majelisnya lainnya antara lain I Made Tara, Mansyur Kartayasa, Hakim Nyak Pah, Imam Soebechi, dan Ahmad Sukarja.
-

Pengumuman Pendaftaran Calon Anggota Komisi Yudisial

17-05-2010 | Dimuat oleh admin

Pengumuman selengkapnya unduh < disini >

 

Keadilan Adalah Nafas Para Penegak Hukum

05-05-2010 | Dimuat oleh admin

JAKARTA – HUMAS, Ketua Mahkamah Agung, DR. H. Harifin A Tumpa SH., MH menghadiri pembukaan rapat koordinasi dan konsultasi lembaga penegak hukum 2010 di Istana Negara, Jakarta pada Selasa, 04 Mei 2010. Ketua MA didampingi Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial, Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial, Para Ketua Muda dan seluruh Ketua Pengadilan Tinggi Peradilan Umum sebagai peserta rapat. Acara yang dimulai tepat pukul 10.00 WIB ini juga dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia, Para Menteri Kabinet Indonesia Bersatu, Jaksa Agung, Kapolri, sejumlah anggota Komisi III DPR, dan para jaksa kanwil.


Dalam acara ini ditandatangani kesepakatan antara Mahkamah Agung, Kementerian Hukum dan HAM, Kejaksaan Agung dan Kapolri tentang keseriusan untuk menegakkan kembali keadilan. Pembukaan Rapat koordinasi dan konsultasi ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Dalam laporannya, Menteri Hukum dan HAM, Patrialis Akbar mengungkapkan bahwa tujuan diadakannya rapat koordinasi dan konsultasi ini sebagai perwujudan komitmen penegakan hukum di Indonesia. “Keadilan adalah nafas para penegak hukum” tandasnya mantap.

Sementara, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan tegas mengingatkan bahwa aplikasi keadilan jangan hanya di atas kertas, namun perlu implementasi yang sesuai dengan nurani keadilan itu sendiri. Ada tujuh isu utama yang disampaikan presiden dalam pidato pembukaannya, yaitu meliputi : Korupsi, Mafia dan Kolusi, Hukuman yang tidak tepat, Keadilan bagi korban, Campur tangan politik, Persoalan Pemasyarakatan dan reintegrasi social bagi yang menjalani hukuman, dan Pencegahan – penangkaran tindak kejahatan. Presiden menghimbau kepada para penegak keadilan untuk terus melakukan Reformasi Hukum demi tegaknya keadilan.

Fokus PT Bandung

  • Fokus
    images/header.jpg
    PENGUMUMAN SELEKSI SEDERHANA PRAKUALIFIKASI
    Satuan Kerja Pengadilan Tinggi Bandung akan melaksanakan Seleksi Sederhana Prakualifikasi untuk paket pekerjaan jasa konsultansi secara elektronik sebagai berikut :   Pengumuman dapat diunduh disini Selengkapnya
  • Fokus
    images/header.jpg
    PEMANGGILAN PESERTA DIKLAT PRAJABATAN GOL. I DAN II TAHUN 2014
    Menindaklanjuti surat Kepala Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung RI tanggal 30 Januari 2014 nomor 71/Bld/S/I/2014 perihal sebagaimana tersebut diatas, diminta kepada Ketua Pengadilan Negeri untuk menugaskan calon peserta sebagaimana surat terlampir.   Surat dapat diunduh disini. Selengkapnya
  • Fokus
    images/header.jpg
    Undangan Rakor Ketua Pengadilan Negeri Se-Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Jawa Barat.
        Diberitahukan kepada para Ketua Pengadilan Negeri di Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Jawa Barat agar dapat hadir dalam acara RAKER Penyusunan Perencanaan/Pelaksanaan Anggaran berdasarkan skala prioritas untuk T.A. 2014-2015. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat disini. Selengkapnya
  • Fokus
    images/header.jpg
    USULAN KEGIATAN TAHUN 2015-2019 DAN RENSTRA PENGADILAN
    Diberitahukan kepada para Ketua Pengadilan Negeri di Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Bandung agar segera menyiapkan usulan kegiatan Tahun 2015-2019 dan Renstra Pengadilan Negeri di Website masing-masing. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat disini.       Selengkapnya